Thursday, June 6, 2013

Cara Mengatasi Favicon Blogger

Favicon Blogger
Biarpun kecil bentuknya, favicon ini merupakan salah satu unsur sebuah blog atau web yang terbilang cukup memberikan nilai positif pada sebuah web atau blog.

Favicon merupakan sebuah icon sebagai identitas sebuah blog yang biasanya tampil pada tab browser. Keberadaannya memberikan kesan professional sebuah blog. Selain itu favicon juga memberikan tambahan nilai SEO sebuah blog. Coba saja Anda cek pada beberapa web yang menyediakan pengecekan nilai SEO sebuah blog. 

Ketika kita membuat sebuah blog di blogger, maka secara otomatis kita menggunakan favicon blogger yang semuanya pasti sudah tahu kan? Huruf B unik di dalam kotak orange. Nah jika Anda ingin menggantinya dengan favicon sendiri, tentunya kita bisa menggantinya. Ada dua cara mengganti favicon blogger yaitu lewat edit HTML dan mengupload langsung favicon di tata letak.

Untuk membuat favicon Anda bisa menggunakan jasa web yang menyediakan tool favicon generator online, bisa Anda search di internet. Yang perlu Anda persiapkan adalah sebuah gambar segi empat sama sisi.

Untuk mengganti favicon yang melalui edit HTML, caranya Anda tinggal menyimpan link seperti di bawah ini dan letakan di bawah kode head. Biasanya disimpan setelah deretan kode meta tag.

<link href='URL FAVICON ANDA' rel='shortcut icon' type='image/x-icon'/>

Dan untuk mengganti favicon lewat tata letak caranya cukup mudah. Tinggal masuk ke tata letak >> kemudian klik "Edit" pada gadget Favicon di sebelah kiri atas. Kemudian silahkan upload favicon Anda.

Nah sampai di sini blog kita sudah menggunakan favicon unik kita sendiri. Namun ada permasalahan lain yang sering tidak kita sadari termasuk saya heehehe... Setelah saya perhatikan pada blog saya, setelah kita memberi komentar atau membalas komentar, maka favicon blog kita berubah lagi menjadi favicon blogger. 

Pada saat itu saya mengganti faviconnya dengan trik pertama yaitu menambahkan link favicon lewat edit HTML. Kemudian karena ada masalah seperti di atas, favicon blog kita berubah lagi menjadi favicon blogger ketika berkomentar, saya mencoba trik melalui tata letak, namun link favicon yang sudah ada di edit HTML tidak saya hapus. Setelah beberapa saat kemudian saya coba dengan memberikan komentar, dan akhirnya permasalahannya tuntas, faviconnya tidak berubah lagi menjadi favicon blogger.

Jadi intinya jika Anda mengalami permasalahan yang sama seperti saya tadi, maka coba gunakan kedua trik di atas untuk mengatasinya. Setidaknya itu yang telah saya lakukan untuk mengatasi favicon blogger ini dan berhasil.

Semoga dapat dimengerti dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment